Sunday, February 14, 2016

Blogspot atau Wordpress Untuk Pemula ?

Wordpress atau Blogspot
Artikel yang saya buat kali ini mungkin tidak ada hubungan nya dengan senjata ngeblog , karena kali ini akan membahas ngeblog dari blogspot atau dari wordpress.

Mungkin masih banyak blogger pemula seperti saya bingung harus ngeblog dari blogspot atau dari wordpress karena tidak seberapa mengetahui banyak tentang dunia blogging . Jadi setelah saya mencari di Google akhirnya saya sendiri memutuskan untuk memulai ngeblog dari blogspot .

Mengapa saya memilih memulai ngeblog dari blogspot ? Akan saya berikan alasan nya , dan mungkin juga bisa sebagai pencerahan untuk kawan-kawan blogger pemula lain nya . Jadi simak baik-baik alasan mengapa memilih blogspot.

Alasan Memilih Blogspot.

Nah akan saya sebutkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masingnya dan alasan kenapa saya lebih memilih blogspot . Jadi silahkan di simak baik-baik dan mungkin bisa menjadi jawaban dari pertanyaan anda .

1. Blogspot Menurut Saya Lebih Mudah

Mengapa saya dapat menyimpulkan nya seperti itu , dari pandangan saya sendiri blogspot lebih mudah karena saat saya searching di Google saya lebih banyak menemukan tutorial-tutorial untuk blogspot dari pada untuk wordpress . Dan juga menurut saya untuk seorang pemula seperti saya lebih baik menggukan blogspot karena tidak terlalu rumit tidak seperti wordpress .

Nah karena banyak panduan yang terdapat di Google maka menurut saya akan lebih mudah untuk menjalankan blog anda . Jadi karena satu alasan yang ini saya lebih memilih blogspot .

2. Lebih Banyak Pilihan Template Untuk Blogspot.

Memang untuk blogspot sangat banyak sekali pilihan templatenya dari template SEO sampai template yang hanya mementingkan tampilan . Mungkin juga banyak pilihan template untuk wordpress , namun template untuk wordpress tidak sedikit yang berbayar walaupun untuk blogspot sendiri juga banyak yang berbayar, untuk template untuk blogspot yang bagus banyak dapat anda jumpai di Google tinggal cari template yang sesuai dengan blog anda .

3. Melihat-lihat di Google .

Saat saya melihat lihat di Google atau di mesin pencari saya lebih banyak menemukan blog dari blogspot . Dengan begitu saya langsung menyimpulkan bahwa blogspot lebih banyak peminat nya .

Dan juga untuk blogger pemula saya sarankan untuk memilih menggunakan blogspot saja dari pada wordpress , karena 3 alasan di atas . Bukan nya saya memprofokasi namun saya hanya mencoba untuk berbagi pengalaman sesama blogger pemula .

Untuk kekurangan dan kelebihan blogspot , berikut akan saya jelaskan satu per satu. Jadi mohon di simak baik-baik.

Blogspot

Kelebihan.

1. Untuk pemula akan lebih mudah .
2. Untuk belajar modifikasi template dan personalisasi widget lebih mudah.
3. Untuk template banyak yang gratis, tapi fitur premium.

Kelemahan.

1. URL terlalu panjang.
2. Bila tidak menarik maka akan dihapus oleh Google.

Wordpress versi selfhost.

Kelebihan
1. Fleksibel.
2. Fitur Lengkap seperti adanya plugin yang akan semakin mudah untuk membuat blog menjadi semakin profesional, wordpress mulitisite salah satu fitur yang akan mempermudah dalam segi manajemen konten, dan masih banyak yang lainnya.
3. URL dapat dengan mudah dirubah-rubah.
4. Template Bagus-bagus namun banyak yang berbayar.
5. Tidak ada ancaman dihapus oleh Google.

Kelemahan

1. Harus bayar hosting dan domain sendiri.
2. Banyak template yang bagus namun berbayar.
3. Navigasi sulit untuk pemula.

Wordpress versi subdomain.com

Kelebihan

1. Dashboard canggih dan lengkap serta keren.
2. Banyak plugin pendukung SEO dan tampilan keren.
3. Lainnya hampir mirip seperti self host.

Kelemahan

1. Sulit dipelajari oleh pemula.
2. Pembatasan pemasangan iklan/sponsor.

Setelah anda sudah menemukan jawaban nya sekarang ingin ngeblog dari mana ,maka cobalah untuk membuat blog yang bagus dan berkualitas . Blog yang bisa membuat pembaca senang dan juga membuat mesin pencari senang. Untuk dapat memastikan kebenaran hal yang saya tulis diatas dapat juga untuk dicoba masing-masing dengan membuat blog dari blogspot dan wordpress lalu bandingkan.

Saran terakhir saya yaitu lebih baik menggunakan blogspot untuk pemula yang hanya iseng iseng ngeblog , namun bila anda ingin membuat blog yang keren tidak buruk juga bila memilih wordpress.

18 komentar:

  1. ane sukanya blogspot, mudah banget. tapi itu baru tau kalo kelemahannya kalo ga menarik bakal di apus gugel. lumayan nambah-nambah pengetahuan ane.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak hanya blogspot yang mempunyai kekurangan , wordpress pun juga punya kekurangan , tapi saya sarankan seperti diatas bahwa untuk pemula lebih baik menggunakan blogspot.

      Delete
  2. pernah sekali pake wordpress tapi gak ngerti2 susah amat, mending blogspot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pemula memang lebih baik blogspot dalam segi apapun .

      Delete
  3. kalo saya lebih memilih blogspotgan ketimbang wordpress,,karena lebih mudah+lengkap dari segi fiturnya,,kalo wordpress belum nyoba juga sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetapi wordpress juga tidak kalah lengkap dengan blogspot , dan lebih baiknya juga coba untuk menggunakan keduanya lalu di bandingkan .

      Delete
  4. ane milih blog karena mudah digunakan :D

    ReplyDelete
  5. Sama, saya juga merasa lebih mudah pakai blogspot.

    ReplyDelete
  6. emang sih, enakan blogspot kalo buat belajar :3
    tapi kalo buat bisnis , saya sarankan ke wordpress

    ReplyDelete
  7. kalau menurut saya kalau pemula mending pakai blogspot lebih mudah digunakan...

    ReplyDelete
  8. kalo ane makenya blogspot gan, lebih dominan blogspot

    ReplyDelete
  9. kalo ane makenya blogspot gan, lebih dominan blogspot

    ReplyDelete
  10. Menurut ane sih mendingan make BLOGGER :D simple :) btw nice inpohh

    ReplyDelete
  11. menurut saya blogger dulu kalo sudah berpengalaman ke wordpress self hosting

    ReplyDelete
  12. artikelnya cukup membantu, kunjungi juga cara ngeblog di smartphone

    ReplyDelete
  13. Wah ane pingin coba bikin wordpress belum sempat terus

    ReplyDelete